Geotextile Non Woven Polyester (PET)

0
171

Geotextile Non Woven merupakan jenis geotextile yang tidak teranyam, berbentuk seperti karpet kain, dan umumnya berwarna putih. Dan Geotextile Non Woven yang kami tawarkan adalah produk lokal terbuat dari 100% serat polyester (PET) yang berkualitas dengan peralatan dan teknologi yang berbeda untuk mencapai berbagai ketebalan dan kekuatan untuk memastikan pemilihan material yang terbaik pada proyek anda.

Fungsi Geotextile Non Woven Polyester (PET)

  • Filter/Penyaring

Geotextile memiliki sifat permeailitas yang tinggi sehingga mampu mengalirkan air yang melalui bahan geotextile. Pada aplikasinya aliran air akan membawa partikel tanah maka disinilah fungsi geotextile sebagai filter atau penyaring dimana air tetap dapat mengalir namun partikel tanah tidak ikut menembus bahan geotextile.

  • Separator/Pemisah

Geotextile sendiri telah diketahui sebagai material yang efektif mencegah tercampurnya tanah lunak dengan tanah perkerasan diatasnya seperti pada kasus pembangunan jalan diatas tanah lunak. Seringkali tanah dasar lunak bergerak naik disini peran geotextile untuk mencegah naiknya tanah lunak ke tanah perkerasan.Karena salah satu kelebihan dari geotextile adalah memiliki daya mulur yang baik dan dapat menahan gaya gesek yang terjadi sehingga sangat cocok dijadikan pemisah antara tanah lunak dan tanah perkerasan diatasnya.

  • Stabilization/Stabilisator

Geotextile sebagai stabilisator ini sebenarnya masih berhubungan dengan separator tadi, karena memiliki kuat tarik yang baik geotextile dapat menyalurkan beban diatasnya secara merata sehingga dapat meningkatkan kekuatan tanah pada proses pengurugan.
Meski begitu penggunaan geotextile untuk stabilisator ini masih menjadi pro kontra dikalangan praktisi geoteknik.

Geotextile Non Woven Polyester (PET) dapat diaplikasikan pada :

  • Teknik Sipil (Jalan Raya, Tol, Rel Kereta, Drainase, dll) dan bangunan.
  • Proyek-proyek subdrain (drainase bawah tanah) yang digunakan bersamaan dengan Geopipe.
  • Pembangunan jalan, dimana Geotextile ini berfungsi untuk mencegah tercampurnya lapisan material yang satu dengan material yang lainnya.
  • Stabilisasi Tanah Lunak, Geotextile ini dipakai sebagai perkuatan atau separator seperti pada proyek pembangunan jalan di atas tanah dasar lunak (misalnya berlumpur), geotextile ini dapat mencegah naiknya lumpur ke sistem perkerasan, sehingga tidak akan mudah merusak perkerasan jalan. Selain itu keberadaan Geotextile juga mempermudah proses pemadatan sistem perkerasan.
  • Curing Beton, dimana Geotextile ini dijadikan sebagai pengganti karung goni pada proses curing beton sehingga dapat mencegah terjadinya retak atau kerusakan pada proses pengeringan beton baru. Sebagai lapisan pelindung untuk geomembran di tempat pembuangan sampah.

Produk Tipe Geotextile Non Woven Polyester (PET) :

  1. JKS-TEX GT-150
  2. JKS-TEX GT-200
  3. JKS-TEX GT-250
  4. JKS-TEX GT-300
  5. JKS-TEX GT-350
  6. JKS-TEX GT-400
  7. JKS-TEX GT-500
  8. JKS-TEX GT-600

Spesifikasi Geotextile Non Woven Polyester (PET) :

Ketebalan 150 gsm – 600 gsm.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here